LH Kerahkan Tiga Excavator Padamkan TPA Darupono

0
751 views
Excavator di atas tumpukan sampah
Excavator di atas tumpukan sampah

Kendal, Investigasinews.net- Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah, di Desa Darupono, Kaliwungu Selatan, yang terbakar sejak satu bulan silam hingga kini tak kunjung padam. Karena terus dikeluhkan warga sekitar, TPA tersebut hari ini dipadamkan lagi pihak Dinas Lingkungan Hidup(LH) dengan dibantu petugas dari Dinas Satpol Kar Kendal.

Dalam proses pemadaman ini, LH mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan tiga unit Excavator. Tiga Excavator digunakan untuk memindah dan menutupkan sampah tersebut ke bagian lain agar api tidak menjalar ke arah permukiman warga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Kendal, Sri Purwati, mengatakan, pihaknya mengakui terus terang bahwa untuk memadamkan api yang ada di TPA ini tidak mudah dan butuh waktu lama, karena di bagian bawah TPA tersebut terdapat gas metana yang sulit untuk diatasi.

“Karena kondisi terbakarnya terlalu besar, sehingga membutuhkan waktu,”kata Sri Purwati.

Meski demikian, pihaknya optimis bahwa TPA ini bisa teratasi dengan sabar, apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan sehingga bisa membantu proses pemadaman.

Hanya saja, pihaknya meminta kesabaran warga sekitar yang sejak terbakarnya TPA ini merasa terganggu kenyamanannya, karena pihaknya akan tetap terus memadamkan TPA ini hingga padam.(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan