KENDAL PENGHASIL DURIAN UNGGUL

0
822 views

 

Kendal, Investigasinews.net – Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si., Rabu (27/2) membuka Lomba Durian Unggul, di Taman Selokaton, Desa Selokaton, Kecamatan Sukorejo.

Dalam pembukaan ini, bupati didampingi Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita, Komandan Kodim 0715 Letkol Inf. Ginda Mohamad Ginanjar serta sejumlah Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Bupati Kendal Mirna Annisa, mengharap Lomba Durian Unggul ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk merintis wisata buah khususnya durian di Kabupaten Kendal.

“Lomba durian untuk yang kedua kalinya dalam tahun ini dilaksanakan. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan buah durian Kendal terutama yang berkualitas unggul,” katanya.

Bupati meminta kepada seluruh masyarakat Kendal terutama pengepul buah durian, untuk memperbanyak dan pengurangan konsumsi buah impor dari luar negeri.

“Semua mulai hari ini makan buah yang ditanam di kampung sendiri. Kita harus mensejahterakan masyarakat kita sendiri. Makan buah yang ditanam di daerah kita sendiri, lebih mengetahui nilai gizinya,”ujar Mirna Annisa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Kendal, Ir. Tjipto Wahjono, MM mengatakan, durian lokal Kendal merupakan salah satu produk pertanian unggulan yang tidak kalah rasa dan kualitasnya dengan durian impor maupun durian dari daerah lain.

Pada tahun 2019 di Kabupaten Kendal terdapat 42.606 pohon durian dan dipanen sebanyak 49.740 kwintal.

“Untuk lebih mengenalkan produk durian lokal Kendal pada warga masyarakat, maka kami adakan kegiatan festival atau lomba durian,” kata Tjipto Wahjono.

Menurut Tjipto, dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi produk pertanian, harus memperluas peluang pasar hasil pertanian serta kebutuhan akses pasar bagi petani. Untuk itu, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat suatu sistem yang langsung mempertemukan antara kelopok tani atau gapoktan dengan usaha toko tani dan usaha pangan olahan.

“Untuk usaha olahan durian perlu difasilitasi kegiatan pasar buah durian. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan jaringan pemasaran hasil gapoktan dan elompok tani Indonesia dengan hasil buahnya serta olahannya,” ujar Tjipto.

Sementara Lomba Durian Unggul ini, diikuti 25 petani durian di Kabupaten Kendal. Selain itu, panitia juga menyediakan sebanyak 1300 buah durian gratis yang dipersiapkan bagi masyarakat yang hadir untuk dimakan bersama- sama.

Selain itu juga digelar kegiatan Fasilitasi Pasar tani yang diikuti 22 Gapoktan, Toko tani Indonesia serta usaha pangan olahan.

Untuk juri Lomba Durian Lokal ini sendiri, dari Badan Pengkajian Teknologi Pertanian ( BPTP ) Provinsi Jawa Tengah Dr. Ir. Budi Harsoyo, Dinas Pertanian Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Kartinah Swasti, Sp, M.Si, Sekolah TInggi Ilmu Pertanian Farming Semarang Ir. Sutopo, ME , praktisi durian dan Pengawasan sertfikasi Durian Jawa Tengah Sutikno, SP.

Diketahui pemenang Harapan 3 Ahmad Ihsan dari Desa Kertosari Kecamatan Singorojo ( durian mrica skor 19,45 ), Harapan 2 Eko Budi Desa Kalirejo Singorojo ( varitas lokal skor 19,45 ), Harapan 1 Supratman Kalirejo Singorojo ( varietas lokal skor 19,95, Juara 3 Kecamatan Paten ( varietas lokal skor 20 ), Juara 2 Sahir Desa Pesarean Sukorejo( varietas lokal skor 20,50 ) dan Juara 1 Irfan Sulistiawan Kalirejo Singorojo ( varitas lokal skor 21,60). Durian lokal yang menjadi juara 1 dibeli Bupati Mirna seharga Rp. 1 juta.

Dalam kegiatannya di Selokaton tersebut, Bupati Mirna beserta Kapolres dan Dandim meninjau stand pameran produk unggulan antara lain produk kopi ( liberica, excelsa dan robusta ), produk beras ( beras merah, hitam dan beras medium ), bawang merah, gula aren dan produk lokal olahan pangan.

Sementara itu, Mastur Darori, SH. M.Si., selaku tokoh masyarakat Sukorejo Kendal, merasa bangga atas adanya lomba durian lokal ini. Karena daerah kelahirannya merupakan penghasil durian selain sebagai pusat produk telur dll.
“Saya bangga atas adanya lomba durian ini. Karena Kendal bisa dikenal di tingkat nasional maupaun internasional,”kata Mastur Darori, yang dikenal sebagai pengusaha sukses di daerahnya.(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan