Kendal, Investigasinews.net- KPU Kabupaten Kendal, Selasa (06/08) menggelar acara Rapat Evaluasi Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 di Aula KPU setempat.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Forkompinda, Bawaslu, Kominfo, Pers dan sejumlah utusan dari partai peserta
Pemilu.

Acara dibuka dengan pertanyaan dari Bawaslu yang disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Wahidin Said.

Bahwa menurut Wahidin Said, peraturan atau bentuk kampanye yang dilakukan KPU pada Pemilu 2019 yang baru lalu itu banyak sekali, seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, kampanye lewat media online, cetak, medsos, jalan sehat atau gerak jalan dan kampanye rapat umum.

“Kalau bisa, KPU bisa membedakan antara bentuk- bentuk kampanye itu agar tidak mempersulit kami dalam pengawasan dan penindakan. Karena bentuk- bentuk kampanye itu terkesan bias,” kata Wahidin Said.

Menurut Wahidin Said, bahwa antara rapat umum dan rapat terbuka yang dilakukan partai peserta Pemilu selama ini masih membingungkan bagi para calon legislatif apalagi bagi orang awam.

Karena antara kampanye dalam bentuk rapat umum dan kampanye bentuk seni yang ada dilapangan terlihat masih sama penindakanya.

” Ini kan membingungkan. Untuk itu kami meminta pihak KPU bisa memperbaiki hal- hal yang kurang pas itu,” ujar Wahidin Said.

Belum lagi masalah Alat Peraga Kampanye(APK) khususnya dalam proses eksekusi. Selama ini yang dilakukan oleh KPU hanya sebatas koordinasi dengan Bawaslu dan dinas terkait, sehingga penanganannya kurang maksimal,
apalagi jika sampai kepembahasan anggaran.

Harusnya pihak KPU bisa duduk bersama dengan dinas terkait membahas segala sesuatunya karena nantinya juga mengerucut ke masalah anggaran.

Ketua KPU Kab. Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan bahwa, apapun kritik, saran dan masukan dari para tamu undangan akan ia jadikan evaluasi bersama.

“Nanti akan saya koordinasikan dengan KPU Provinsi. Bahkan juga akan saya sampakan ke KPU RI, agar jadi regulasi baru, “kata Hevy Indah Oktaria.

Yang jelas, menurut Hevy, ia akan memperbaiki hal- hal yang kurang demi kebaikan bersama. (Tim)

Related Post

Tinggalkan Balasan

investigasinews logo
Jam Layanan & Info
Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain