Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Temukan Cacing Hati Sapi di Enam Tempat

0
296 views


Kendal, Investigasinews.net-Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Minggu (11/08) menemukan cacing hati di enam tempat pada hewan kurban. Enam tempat itu masing- masing ada di wilayah Protomulyo Kaliwungu, Manggungsari Weleri, Tlahab Gemuh, Kecamatan Patean dan dua tempat di Kecamatan Kendal.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal Eko Tri Jatmiko mengatakan, tahun ini Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal menerjunkan 33 personil yang disebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal untuk memantau pelaksanaan penyembelihan dan pembagian daging kurban.

Dari pemeriksaan, petugas menemukan kondisi daging kurban yang kurang layak dan cacing hati pada sapi yang baru dipotong.

Hati sapi yang ada cacing hatinya ini, akhirnya dipisahkan dan dibungkus plastik untuk dimusnahkan.

Selain memeriksa daging dan hati sapi, petugas juga menghimbau kepada panitia pembagian daging kurban, untuk tidak menggunakan plastik berwarna, karena kurang baik untuk kesehatan manusia.

” Kami mengharap, kepada panitia pembagian daging kurban, untuk menggunakan plastik makanan warna putih transparan saja sebagai pengemasnya,”harap Eko Tri Jatmiko.

Tak hanya itu, untuk menghindari bau busuk, petugas juga menghimbau kepada panitia pembagian daging kurban memisahkan antara daging dan jeroan.(Andrew S)

Tinggalkan Balasan