Anggota MPR RI Drs. Fadholi M.I. Kom Gelar Acara Dengar Pendapat dengan Tokoh Masyarakat.

0
5 views

Kendal, Investigasinews.net- Pancasila sebagai pandangann hidup bangsa Indonesia berfungsi sebagai kerangka acuan, baik untuk menata kehidupan diri pribadi maupun interaksi antar manusia dalam masyarakat alam sekitar.

Hal ini sesuai dengan peran manusia sebagai mahluk individu dan makhluk social.
Peranan Pancasila bagi masyarakat Indonesia sebagai dasar negara serta pedoman kehidupan bagi masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dikatakan anggota MPR RI Drs. Fadholi, M.I.Kom., saat dengar pendapat dengan masyarakat Kendal Jawa Tengah(Jateng) di Kantor Dewan Pimpipinan Daerah (DPD) Nasdem jalan Stadion Utama Kebondalem Kendal, Jumat (13/11/2020).

Fadholi mengatakan, mengapa Pancasila di tetapkan sebagai dasar negara dan pedoman hidup dalam bermasyarakat?

Karena dasar negara adalah suatu landasan kehidupan bagi sebuah negara. Dasar negara merupakan tonggak berdirinya sebuah negara, ibarat bangunan tanpa tiang akan roboh, sama halnya dengan negara, jika negara tidak mempunyai dasar negara sebagai pedoman untuk hidup bermasyarakat, maka negara tersebut akan roboh.

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila, mengapa Pancasila?

Karena nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan sebuah cita-cita nenek moyang bangsa Indonesia.

“Dengan dijadikannya Pancasila sebagai dasar negara, secara tidak langsung bangsa Indonesia sedang mewujudkan cita-cita tersebut. Dan juga Pancasila merupakan sumber hukum dari segala sumber hukum yang ada,” terang Fadholi yang dikenal dengan sebutan ” Nyah nyoh” ini.

Fadholi juga mengatakan bahwa, fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara suatu Bangsa yaitu, Pancasila sebagai tonggak berdirinya sebuah negara, ketika hendak mendiirkan sebuah negara diperlukan sebuah pemikiran, pemikiran yang mendalam tentang Dasar Negara.

Pancasila sebagai dasar negara, yaitu sebagai alat untuk kegiatan penyelenggaraan negara. Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara Negara.

Selain itu, Pancasila juga untuk mengatur kehidupan bermasyarakat.

” Sebagai dasar dan sumber hukum nasional, Pancasila berperan sebagai pengawas dalam penyelenggaraan aktivitas negara dan warganya,” ujar Fadholi.

Selain itu, peranan pancasila bagi masyarakat Indonesia, yaitu sebagai dasar negara dan pedoman hidup masyarakat Indonesia.(Likwi).

Tinggalkan Balasan