Bayak Oknum Wartawan Tanpa Media Yang Jelas. Berkeliaran Di Pati

0
1.431 views

Investigasinews.net Pati – Dunia jurnalistik di wilayah Bumi Mina Tani sedang mengalami krisis mental dan moral. Pasalnya, setelah adanya  seglintir orang yang mengaku ngaku sebagai Jurnalis (wartawan) namun meraka tidak  tau sama sekali dan mengusai apa yang dimaksut dengan fungsi dan tugas jurnalistik.

 

Seperti yang diungkapkan, Ahmad Widianto, Anggota Aktifis Pengamat Kebijakan Publik Kabupaten Pati, dirinya mengaku gusar dan gelisah setelah melihat dan menemui orang-orang yang mengaku sebagai jurnalis namun gaya penampilan dan tata bahasanya mirip seorang pereman.

 

“Saya sering mengamati mereka, bahkan saya juga sempat mencoba berbaur dengan mereka, jujur saya tak habis fikir setelah melihat cara mereka berpenampilan dan berbicara gayanya mirip-mirip kayak pereman pasar.” ucapnya.

 

Mirisnya, lanjut dia, banyak diantara mereka yang tidak dapat membuat berita dan mempunyai media pemberitaan yang jelas.

 

“Dalam hal ini Humas Pemkab Pati harus bersikap obyektif, jangan malah terkesan mengakomodir mereka, memberikan mereka rung gerak untuk mengaku-ngaku sebagai jurnalis. Kalau hal tersebut terus dibiarkan kasian citra jurnalis yang sesungguhnya.” paparnya, dengan nada yang sedikit geram.

 

Dirinya menghimbau kepada Humas Pemerintahan Kabupaten Pati, agar dapat bersikap obyektif dalam mengakomodir para awak media yang ada di Pati. Dan meminta untuk membekukan sementara kegiatan yang selama ini telah berlangsung.

 

“Dalam hal ini Humas Pemkab Pati harus serius dalam menyikapi, jangan sampau anggaran APBD terserap dan masuk kedalam kantong orang-orang yang tidak profesional. Humas Pemkab Pati harus segera mengadakan Uji Kompetensi Wartawan terlebih dahulu, yang lulus silahkan diajak kerja sama dalam hal berbagi informasi.” tegasnya.

(aji/pwo)

Tinggalkan Balasan