BNNK Kendal Resmikan “Klinik Pratama Bhina Waras”

0
198 views

Kendal, Investigasinews.net-Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal, Selasa(12/11/19) meresmikan Klinik Bhina Waras di kantor yang beralamatkan di jalan Gajah Mada Karangsari Kendal.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dari BNN Provinsi, Forkompinda, dinas terkait dan sejumlah LSM dan wartawan yang sehari- hari melakukan peliputan di wilayah Kendal.

Kepala BNNK Kendal, Sharlin Tjahaja Frimer Arie, SH, M.Si., mengatakan, klinik yang diberi nama Pratama Bhina Waras ini, resmi beroperasional berdasarkan SK Bupati Kendal nomor 445/320/2019 tanggal 24 Juli 2019 lalu.

Klinik ini, dilengkapi dengan beberapa ruangan khusus seperti ruangan konsultasi, pemeriksaan dan ruangan pojok ASI.

“Untuk tenaga medis yang ada saat ini, terdiri dari dokter penanggungjawab pelaksana pelayanan, dokter pelaksana pelayanan, perawat pelayanan, konselor dan petugas administrasi,” kata Kepala BNNK Kendal, Sharlin Tjahaja Frimer Arie, SH, M.Si.

Menurut Sharlin, layanan yang ada di Klinik BNNK Pratama Bhina Waras ini meliputi layanan untuk para pecandu, penyalahguna dan korban penyalahguna narkoba untuk datang dan dilakukan upaya rehabilitasi rawat jalan dalam bentuk konseling berkelanjutan dengan tujuan untuk dipulihkan dari penyalahgunaan narkoba secara gratis tanpa dipungut biaya.

Selain itu, layanan asesmen medis, layanan konsultasi rehabilitasi narkoba, dan layanan pembuatan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika(SHKPN) untuk masyarakat umum dengan syarat membawa rapid tes urine sendiri, sedangkan jasa pelayanan tidak dipungut biaya.

Untuk mendukung layanan rehabilitasi narkoba di Kabupaten Kendal, BNNK Kendal juga sudah melakukan beberapa kegiatan yaitu, rapat koordinasi dengan dinas terkait, sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi, pelaksanaan bimbingan teknis kepada LRKM dan LRIP.

Tak hanya itu saja, BNNK Kendal juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan rehabilitasi rawat jalan medis di lembaga- lembaga pelaksana rehabilitasi narkoba, yang bekerja sama dengan BNNK Kendal baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat.

“Dengan beroperasionalnya klinik ini, kami berharap penanganan pasien rehabilitasi lebih optimal, serta semua pecandu yang ingin pulih, tidak takut untuk datang dan mengakses klinik ini untuk mendapatkan layanan rehabilitasi rawat jalan,”harap Sharlin.

Kepala BNN Provinsi Jateng, Brigjen Beni Gunawan mengatakan, klinik ini merupakan tempat rehabilitasi gratis dan akan dikembangkan. Untuk itu masyarakat Kendal dan sekitarnya agar bisa memanfaatkan klinik ini dan tidak usah merasa malu datang ke tempat rehabilitasi ini.

“Masalah narkoba bukan tugas BNN saja. Melainkan tugas dari semua pihak untuk ikut memerangi penggunaan narkoba,”kata Beni Gunawan.

Wakil Bupati Kendal Masrur Maskur mengatakan, klini ini untuk umum. Untuk itu, masyarakat pencandu dan pengguna narkoba jangan takut datang ke tempat klinik ini karena tidak akan mendapat sanksi dan identitas tidak akan disebarkan ke orang lain.

“Jika ada anggota keluarga ingin sembuh dari ketergantungan narkoba, datang saja ke klinik Pratama Bhina Waras ini, agar mendapat pelayanan terbaik, apalagi tidak membayar,”kata Wakil Bupati Kendal, Masrur Maskur.(Tim)

Tinggalkan Balasan