Bupati Kendal Kembali Terima Predikat Opini WTP dari BPK

0
307 views


Kendal, Investigasinews. Net-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Tengah, Selasa(28/05), kembali memberikan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si untuk Pemerintah Kabupaten Kendal atas diapresiasinya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah(LKPD) Kabupaten Kendal, tahun 2018 lalu.
Penyerahan apresiasi BPK berupa Laporan Hasil Pemeriksaan(LHP) atas LKPD tersebut dilakukan di Auditorium BPK perwakilan Jateng di Semarang bersama 25 kabupaten lainnya.
Penyerahan laporan hasil pemeriksaan LKPD Kabupaten Kendal tahun anggaran 2018 disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPK Jawa Tengah Ayub Amali, SE,MM, ak, CA dan diterima secara langsung oleh Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si bersama Ketua DPRD Kendal Prapto Utono.

“Selamat, kepada Pemerintah Daerah yang menerima opini WTP ini. Bahwa, opini WTP yang diperoleh Pemerintah Daerah bukan merupakan hadiah dari BPK, akan tetapi memang merupakan buah dari kerja keras Pemda sendiri,”kata Ayub Amali.

Ayub Amali menjelaskan, kerja audit mirip dengan kerja memotret. Jika yang dipotret baik, maka hasilnya akan baik. Tapi jika obyek yang dipotret buruk, maka hasilnya pasti akan buruk.

“Tanpa upaya sungguh- sungguh dari jajaran Pemda, maka opini WTP tidak akan tercapai,”tegas Ayub Amali.

Ayub Amali juga mengatakan bahwa, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam LK.Opini BPK atas LKPD didasarkan pada empat kriteria yaitu, kesesuaian dengan standard akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang- undangan dan efektifitas system pengendalian intern.

Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., mengaku senang atas pencapaian penghargaan opini WTP ini, karena Pemerintah Kabupaten Kendal bisa berhasil mempertahankan predikat WTP dari BPK ini untuk yang ke-3 kalinya.

“Ini bukti kepada masyarakat tentang komitmen akuntabilitas dan tranparansi dalam pengelolaan anggaran di semua OPD,”kata Mirna Annisa.

Untuk itu, Mirna Annisa menyampaikan rasa terimakasihnya yang mendalam kepada masyarakat yang turut serta memberikan dukungan dan perannya.
Dikatakan, keberhasilan dan pencapaian WTP ini, juga berkat kinerja seluruh PNS yang ada di Kabupaten Kendal.

“Tanpa kerja keras yang tak kenal waktu dari PNS, mustahil WTP ini berhasil diraih kembali,”ujar Mirna Annisa.(Tim).

Tinggalkan Balasan