Bupati Lakukan Rotasi Jabatan Untuk Tingkatkan Disiplin Dan Profesionaliame Kerja

0
634 views
Rotasi Jabatan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian,SE.MM
Rotasi Jabatan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian,SE.MM

Investigasinews.net PURWOREJO –  Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama ,Administrator,Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Pemkab Purworejo yang dilaksanakan di Pendopo Bupati pada Senin ( 4/6 ). Dalam sambutanya Bupati Purworejo Agus Bastian SE, MM menyampaikan sebuah informasi, dimana dalam laporan hasil pemeriksaan ( LHP ) atas  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah( LKPD ) Pemerintah Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2017.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dengan demikian, dalam enam tahun terakhir ini secara berturut-turut Kabupaten Purworejo meraih opini WTP.

Untuk itu, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh aparatur di jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan daerah selaras dengan aturan yang berlaku, sehingga bisa terus mempertahankan opini WTP. Mudah-mudahan prestasi ini bisa menjadi motivasi kita bersama untuk terus berkarya lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Pelaksanaan promosi dan mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan, sebagai bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai. Kalaupun ada hal yang istimewa, adalah waktu pengambilan sumpah/janji dan pelantikan jabatan ini, yang dilaksanakan di bulan suci Ramadhan. Sehingga saya berharap, pejabat yang dilantik benar-benar menjadikan momentum ini untuk bekerja optimal dalam menjalankan amanah dan berupaya terus menepati sumpah/janji jabatannya.

Sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, pelantikan ini hendaklah dimaknai sebagai kepentingan organisasi, bukan hanya menempatkan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompentensi, intregitas, loyalitas, moralitas, mutasi jabatan, pendidikan dan pelatihan, serta nilai pengabdian dan kominmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, bahwa kewenangan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pejabat Struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo merupakan kewenangan Bupati Purworejo selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), sebagaimana telah diatur dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai.

Dalam momentum di bulan suci ini, saya berpesan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik agar segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan sebaik-baiknya, serta menjunjung tinggi disiplin dan profesionalisme. Saudara juga harus bisa menjaga roda organisasi di unit kerja masing-masing agar selalu on the track, dengan terus memacu peningkatan kinerja, penegakan disiplin serta pengelolaan administrasi.

Selanjutnya sebagai pimpinan pada satuan kerja dan unit kerja, Saudara-saudara memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap pembinaan kepegawaian. Untuk itu saya minta agar Saudara-saudara dapat berperilaku lebih disiplin karena Saudara-saudara akan menjadi contoh dan teladan bagi para staf yang Saudara pimpin,tegas  Agus Bastian SE,MM.

Menurut GMTKM  bahwa,SOT yang berlangsung pada Senin (4/6 – 2018 ) yang berlansung di Pendopo Kabupaten Purworejo berjalan dengan mulus sejumlah pejabat sudah dialih tugaskan. Tetapi dari para pejabat yang dilantik ,terjadi suatu kejutan dengan dilantiknya Netra Asmara Sakti sebagai Kabid  Olah Raga Pemuda di lingkungan Dikpora  Purworejo,pasalnya tampak sangat cepat dirinya menduduki sebagai Kabid .

Dari data yang sempat dikumpulkan ,Netra Asmara Sakti ,awal nya bertugas di Disnaker trans kemudian alih tugas sebagai Kasi Sarpras dan alih tugas menjadi Kasubag Bendahara dilingkungan DinDikpora. Tugas yang dipegangnya  ini cukup sangat & ,karena pada 4/ 6 – 2018 dia dilantik sebagai Ka Bid Dikpora  tandas GMTKM

(M Faizin)

Tinggalkan Balasan