Deputi Kemenpora RI Bersama Bupati, Ngayuh Sepeda di Acara Sepeda Gembira Nusantara.

0
320 views


Kendal, Investigasinews.net- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Minggu (18/11) gelar acara Sepeda Nusantara di Stadion Utama, Kebondalem, Kabupaten Kendal.
Sepeda Gembira Nusantara ini merupakan salah satu program unggulan yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Program ini sudah berjalan dua tahun terakhir di 136 titik kabupaten/kota. Sedangkan tahun ini hanya dilaksanakan di 70 titik, salah satunya di Kabupaten Kendal.

Melalui progam ini pemerintah ingin mengajak masyarakat gemar berolahraga lewat bersepeda, karena bersepeda adalah olahraga yang tidak hanya murah, meriah, mudah, dan menarik, akan tetapi juga tidak menimbulkan polusi.
Sehingga olahraga bersepeda ini bisa menjadi sebuah kebutuhan dan tradisi olahraga bersama dimasyarakat kabupaten atau kota.

“Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja,” kata Teguh Raharjo Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Minggu (18/11).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kendal Mirna Annisa. Usai membuka acara tersebut, Bupati bersama Asisten Deputi Bidang Olahraga Rekreasi Kemenpora RI ikut mengayuh sepeda bersama ribuan masyarakat di program Sepeda Gembira Nusantara tersebut.

Menurut Teguh Raharjo, target dari program Sepeda Nusantara ini supaya masyarakat bisa sehat, bugar dan membangun silaturahmi tanpa melihat dari latar belakang masyarakatnya. Sehingga bisa memperakat tali persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain program Sepeda Nusantara, program lainya dari Kemenpora adalah Gala Desa.
Sama seperti program Sepeda Nusantara, Gala Desa juga dilaksanakan di 136 kabupaten/kota. Berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan di program Gala Desa. Seperti atletik, volly, sepak bola, tenis meja dan sepak takraw.

“Melalui berbagai program itu pemerintah hadir di masyarakat,” ujar Teguh Raharjo.

Dikatakan, pada pelaksanaan jelajah Sepeda Nusantara yang sudah dilakukan belum lama ini, melibatkan sejumlah mantan atlet.

“Jarak tempuhnya 130 km, selama 78 hari atau 4 bulan dengan medan yang luar biasa. Seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali dan terkahir masuk di Pulau Jawa, yakni Yogyakarta,” imbuh Teguh Raharjo.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa berharap, dengan Sepeda Nusantara ini, masyarakat akan gemar ber olahraga sepeda, karena akan mengurangi polusi udara.

“Dengan ber olahraga, badan menjadi sehat. Apalagi mengayuh sepeda,”harap Mirna Annisa.(Andrew. S))

Tinggalkan Balasan