Desa Pakis Siapkan Lahan 2500 Meter untuk Bangun Gazebo.

0
6 views

Kendal, Investigasinews.net-Desa Pakis Kecamatan Limbangan Kendal, untuk dua bulan terakhir ini, terus berbenah.

Setelah membuat monumen desa di pinggir Jalan Raya Limbangan- Sumowono, Kabupaten Semarang, rencana awal tahun 2021, akan mengembangkan desa wisata.

Pada pengembangan desa wisata nanti, desa akan mempersiapkan lahan seluas 2500 meter tak jauh dari lokasi dibangunnya monumen desa tersebut.

“Karena keterbatasan tempat, kami akan gunakan tanah negara untuk membangun fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga(Gazebo) di tengah persawahan,”kata Kepala Desa Pakis, Wibisono, yang ditemui di rumahnya, Minggu(20/12/2020).

Menurut Wibisono, Desa Pakis Limbangan merupakan penyangga desa wisata. Untuk itu, agar perekonomian desa meningkat, lahan bondo desa yang selama ini kurang produktif, akan dijadikan tempat untuk membangun Gazebo.

“Kami fokus pada rest area. Rencana akan kami bangun 10 Gazebo, di tengah persawahan dan di belakang Gazebo nanti, akan kami buat kolam ikan, agar menarik para pengunjung,”ujar Wibisono, yang menjabat sebagai Kades Pakis ini untuk yang ketiga kalinya.

Wibisono mengaku, dana desa(DD) selama ini digunakan untuk membangun jalan perkampungan dan jalan pertanian. Karena sudah selesai, maka DD tersebut sekarang akan digunakan untuk meningkatkan perekonomian desa.

“Disaat pandemi ini, kita tingkatkan wisata desa. Pendapatan Asli Desa(PADes) tahun 2020 dari bondo desa, akan kami gunakan untuk membangun Gazebo yang luasnya 2500 meter. Sedangkan PADes tahun 2021, akan kami gunakan pula pada tahap berkelanjutan,”terangnya.(Likwi)

Tinggalkan Balasan