Aliran Listrik di Putus PLN, Proyek Air Bersih dari DAK Mangkrak Sejak 2017.

0
283 views
Panel sumur bor atau sumur artesis yang diputus PLN.(FOTO:Invest/Likwi)

Kendal, Investigasinews.net – Proyek air bersih barasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 di Desa Peron Sukorejo Kendal mangkrak.

Proyek bantuan dari pemerintah pusat bernilai ratusan juta rupiah ini diduga salah perencanaan. Bahkan jaringan listrik untuk memompa air diputus oleh PLN karena dianggap ilegal.

” Awalnya listrik ada dan sering mati karena tak kuat mengangkat beban dan berlangsung hanya kurang lebih enam bulan saja,” kata salah satu warga berinisial IMS.

Menurut IMS, karena sering mati itu pihak desa membikin aliran listrik dengan cara los stroom agar tidak mati lagi.

Rupanya setelah dibikin los strom, aliran listrik itu diduga juga digunakan untuk menerangi areal peternakan ayam milik Akhmadi yang dulu menjadi kades setempat.

Tak selang beberapa lama, ulah Akhmadi itu ketahuan petugas PLN dan akhirnya listrik di putus PLN sehingga sumur bor/artesis tersebut mangkrak hingga sekarang.

Sumur bor atau sumur artesis yang sudah tidak berfungsi.(FOTO:Invest/Likwi)

“Karena mangkrak, warga terpaksa menggunakan air bersih dari sumber mata air lain,” ujar IMS.

Mantan Kades Peron Ahmadi ketika dikonfirmasi terkait masalah ini mengatakan, proyek air bersih murni didanai pemerintah pusat lewat DAK. Pemerintah desa tidak terlibat dalam pekerjaan proyek tersebut.

“Kami hanya menerima proyek itu setelah selesai dikerjakan oleh pelaksana proyek,” kata Ahmadi saat ditemui di rumahnya, Senin (25/2).

Menurut mantan Kades Peron Akhmadi, salah satu penyebab air tidak bisa dipompa karena pasokan listrik yang ada tidak mencukupi.

Akhirnya dia mempunyai inisiatif menambah daya ke PLN Weleri dengan cara los strum dan akhirnya air bisa dipompa. Namun baru bisa dipakai beberapa bulan, PLN memutus aliran listrik tersebut karena dianggap ilegal. Sejak saat itu hingga sekarang sumur artesis itu tidak berfungsi.

Akhmadi membantah jika dirinya memakai pasokan listrik untuk menerangi peternakan ayam miliknya dari panel yang digunakan untuk mengaliris sumur artesis itu.

“Masak saya mengaliri listrik kandang ayam saya dari sumur artesis itu, tidak lah,” bantah Akhmadi.(Likwi)

Tinggalkan Balasan