Kesbangpol Batalkan Ketua DPC PPP Kendal Sebagai Narasumber

0
290 views
Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani
Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani

Kendal, Investigasinews.net- Kepala Kantor Kesbangpol Kendal membatalkan Ketua DPC PPP Kendal Mustamsikin sebagai pembicara pada acara Pembinaan Organisasi Kemayarakatan, setelah Bawaslu Kendal melayangkan surat ke Kantor Kesbangpol. Pembatalan ini dilakukan untuk mencegah kesan tidak netralnya penyelenggara negara dalam membuat acara.

“Betul, Sabtu(15/09) lalu, kami layangkan surat himbauan dan pencegahan nomor 808 kepada Kantor Kesbangpol Kendal,” kata Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani, Selasa, (18/09) siang.

Odilia mengatakan, maksud surat tersebut agar ASN atau aparat pemerintah menjaga netralitas dalam Pemilu dan isi surat tersebut, menghimbau kepada Kesbangpol Kendal agar tidak mengundang atau menghadirkan narasumber pada acaranya dari unsur partai politik atau peserta Pemilu.

“Intinya kami mencegah potensi timbulnya kesan tidak netral dalam acara Kesbangpol. Apalagi sekarang ini memasuki tahun politik. Jadi harus lebih hati-hati,” ujar Odilia.

Dikatakan, bahwa per hari ini, 17 September, Kantor Kesbangpol mengeluarkan surat nomor 270 yang berisi pembatalan ketua DPC PPP, Mustamsikin sebagai narasumber Kesbangpol. Di mana memang awalnya Mustamsikin dijadwalkan sebagai pembicara Pembinaan Organisasi Kemayarakatan.

Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kendal Ubaidillah juga mengatakan bahwa, pejabat Negara, struktural maupun fungsional tidak boleh membuat kegiatan mengarah atau keberpihakan pada peserta Pemilu.

“Pasal 283 UU Pemilu melarang pejabat Negara, struktural dan fungsional, serta ASN, mengadakan kegiatan mengarah keberpihakan kepada peserta Pemilu,” Jelas Ubaidillah .

Menurut Ubaidillah, larangan tersebut berlaku sebelum, selama dan sesudah masa kampanye.

“Sebelum tidak boleh, selama dan setelah masa kampanye juga tidak boleh. Perlu diperhatikan lagi untuk semua pihak agar mematuhi aturan terkait Pemilu,” ujar Ubaidillah.(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan