Ketua GNPK Jateng: Kembalikan Nama Baik Terdakwa Kasus Mading Elektronik

0
696 views

Kendal, Investigasinews.net-Lukman Hidayat, terdakwa sekaligus direktur CV Karya Bangun Sejati selaku penyedia jasa pengadaan Mading Elektronik bagi 30 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Kendal tahun anggaran 2016, pada Selasa (30/4) lalu mengembalikan uang dugaan korupsi sebesar Rp 4,4 milyar lewat penasehat hukumnya, Winarno ke Kejati Jateng.

Atas pengembalian uang dugaan korupsi ini, membuat masyarakat bertanya- tanya apakah terdakwa lepas dari jeratan hukum sekaligus dipulihkan nama baiknya atau hanya mendapat keringanan hukuman saja.

Apalagi kasus tersebut melibatkan mantan Kepala Dinas Kabupaten Kendal Muryono dan Humas Sekwan Agung Markianto, yang saat itu menjabat sebagai PPKOM proyek tersebut yang belum tentu terlibat dalam dugaan korupsi.

Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi(GNPK) Jawa Tengah, H. Mastur Darori, SH., M.Si mengatakan, atas pengembalian uang tersebut, pihaknya meminta hakim untuk bisa memberikan keringanan atas putusan nanti.

“Ini kan sudah ada itikad baik dari terdakwa untuk mengembalikan uang dugaan korupsi,”Katanya.

Dengan mengembalikannya Lukman Hidayat uang sebesar Rp 4,4 milyar ke Kejati Jateng, dirinya mengindikasikan bahwa, mantan Kepala Dinas Kabupaten Kendal Muryono dan Humas Sekwan Agung Markianto itu belum tentu melakukan dugaan korupsi.

“Kalau bisa, Muryono dan Agung Markianto dibebaskan dari hukuman dan dipulihkan nama baiknya, karena demi rasa keadailan,”ujarnya.

Untuk diketahui, dugaan korupsi proyek mading elektronik tersebut terjadi pada tahun anggaran 2016. Dari 30 paket mading, 29 di antaranya tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan, sehingga mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 4,4 miliar.(Tim)

Tinggalkan Balasan