Kepala Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari, Untung Mujiono(kaos merah) sedang angkat sangkar burung.

Kendal, Investigasinews.net- Masyarakat Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari, Minggu (25/08/19) mengadakan festival dan lomba burung berkicau di lokasi Gentangan Tegal Semut BC.

Lomba burung berkicau memperebutkan piala Kepala Desa Tambaksari Cup ke- 1 ini, diikuti 25 komunitas burung dari sejumlah kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Ketua panitia lomba burung berkicau Bandi mengatakan, lomba ini dibagi 13 kelas sesuai jenis burung yang dilombakan.

Sedangkan perkelasnya, panitia mempersiapkan hadiah sebesar kurang lebih Rp 1 juta.

“Jika setiap komunitas mengikuti lebih dari satu atau lima jenis burung yang dilombakan, dan bisa mendapatkan juara, mereka bisa membawa pulang piala atau uang banyak mas. Karena panitia juga memberikan uang insentif,” kata Bandi.

Menurut Bandi, dalam lomba burung berkicau ini, panitia hanya mengambil juara umum dan juara dua saja dengan alasan untuk meminimalisir anggaran.

“Dalam lomba burung berkicau ini, yang kami nilai adalah irama lagu, durasi dan gaya,” ujar Bandi yang ditemui di sela- sela acara tersebut.

Kepala Desa Tambaksari Untung Mujiono mengatakan, acara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke- 74 sejak satu minggu menjelang tanggal 17 Agustus 2019 lalu.

Menurut Untung Mujiono, lomba burung berkicau ini diharapkan bisa memberikan warna tersendiri bagi para pecinta burung, sehingga selain pada umumnya hanya dianggap sekedar hoby, tapi mereka bisa mendapatkan uang dari memelihara burung tersebut.

” Lomba burung berkicau yang sekarang ini kami gelar, merupakan acara yang pertama kami lakukan meski sebetulnya warga kami sering mengikuti lomba- lomba kesejumlah daerah,”kata Untung Mujiono.( Tim)

Related Post

Tinggalkan Balasan

investigasinews logo
Jam Layanan & Info
Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain