Mirna Annisa: Perusahaan Wajib Perhatikan Kesejahteraan Buruh

0
236 views


Kendal, Investigasinews.net- Kesejahteraan buruh merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Salah satunya yaitu jaminan kesehatan, sehingga perusahaan wajib mendaftarkan BPJS bagi setiap pekerja. Hal tersebut dikatakan Bupati Kendal Mirna Annisa, pada acara Peringatan Hari Buruh yang digelar di Pendopo kabupaten, Rabu (1/5).

Mirna Annisa mengatakan, ada tiga komponen, yakni pemerintah, pengusaha, dan buruh untuk menjalin keharmonisan. Perusahaan harus memperhatikan pekerja, demikian juga pekerja harus memahami kondisi perusahaan, dan pemerintah bisa menjembatani kepentingan pengusaha dan buruh dengan kebijakannya.

“Di kabupaten Kendal tercatat 551 perusahaan. Saya akan minta daftar perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya ikut BPJS, karena jaminan kesehatan merupakan hak mutlak yang harus dipenuhi,’’ katanya.

Mirna meminta kepada pengusaha untuk bersama-sama memiliki tanggung jawab membangun Kendal. CSR perusahaan juga harus bisa dirasakan bagi buruh dan masyarakat.

Menurut Mirna, kondisi perusahaan bisa mengalami pasang surut. Untuk itu, pekerja harus memahami kondisi perusahaannya. Hubungan buruh dengan perusahaan juga harus saling menguntungkan.

“Jika pekerja loyal terhadap perusahaan, kesejahteraan pun akan terjamin”ujarnya.

Pemkab Kendal akan ikut berupaya dalam peningkatan SDM, yaitu akan menganggarkan untuk pelatihan karyawan, sehingga memiliki sertifikat dan kompetensi.
Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kendal, Misbakhun mengatakan, kesejahteraan buruh harus diperhatikan. Tidak boleh ada perusahaan yang menunda gaji para pekerjanya.

‘’Persoalan buruh dengan pengusaha yang menunda gaji, merupakan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan,’’ jelasnya.

Misbakhun mengatakan, buruh harus memiliki semangat untuk meningkatkan SDM. Hal ini supaya buruh tidak hanya menjadi objek, tetapi juga memiliki peran dalam mengembangkan perusahaan.

‘’Pekerja harus mampu mengimbangi kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat. Hal itu supaya pekerja lokal mampu bersaing di tengah persaingan global,’’ katanya. (Andrew. S)

Tinggalkan Balasan