Ombak Besar, Nelayan Tidak Melaut

0
395 views
Sobirin sedang mengecat perahu
Sobirin sedang mengecat perahu

Kendal, 26/07(Investigasinews.net)- Nelayan Bandengan untuk dua pekan terakhir ini menganggur, menyusul besarnya ombak yang ada di tengah laut. Untuk mengisi kosongnya waktu, nelayan memilih memperbaiki perahunya yang rusak dan mengecatnya.

Salah satu nelayan warga Bandengan Khudori(45) mengatakan, dirinya sudah tidak melaut sejak dua pekan terakhir akibat ombak dan angin kencang di tengah laut Jawa.
Bahkan, akibat banyaknya nelayan yang tidak melaut ini, suasana Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Bandengan, sepi dan tak ada aktivitas seperti hari –hari biasanya.

“Tak hanya di TPI saja yang sepi mas, brak tempat berjualan ibu- ibu di dekat pinggir pantai juga terlihat sepi, karena banyak pedagang yang tidak berangkat jualan akibat tidak ada pasokan ikan dari nelayan,”kata Sobirin.

Menurut Sobirin, untuk mengisi kesibukan sehari hari, para nelayan lebih memilih meperbaiki rajut yang rusak, mesin perahu dan mengecat perahunya agar terlihat baru.

Selain ombak besar dan angin kencang yang ada di tengah laut, tangkapan ikan untuk dua pekan terakhir juga sepi, sehingga menambah enggan nelayan untuk pergi melaut.

“Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, saya terpaksa harus bekerja serabutan agar bisa mendapatkan penghasilan mas, namun tidak sedikit pula nelayan yang lain nekat menghutang pada tetangga yang lain bahkan ke bank titil yang keliling kampung,”ujar Sobirin(26/07).

Sobirin berharap, suasana di tengah laut ini cepat membaik dan banyak ikannya, sehingga dirinya dan nelayan yang lain semangat untuk mencari ikan lagi dan bisa membayar hutang.(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan