Pageruyung Mart, Toko Modern Pertama Kali Ada di Kendal

0
383 views

Kendal, Investigasinews.net – Pemerintah Desa Pageruyung Kecamatan Pageruyung, Jumat (25/01), meresmikan toko modern yang diberi nama Pageruyung Mart. Toko tersebut, berdiri diatas lahan milik pemerintahan desa setempat, yang berada di Jalan Raya Desa Pageruyung.

Hadir dalam acara ini, Camat Pageruyung, Nur Kholis dan sejumlah tamu undangan lainnya. Acara peresmian toko modern ini, dimeriah oleh group organ tunggal dari desa setempat.

Kades Pageruyung Daryanto mengatakan, dibangunya Pageruyung Mart ini, karena terinspirasi sejumlah pasar modern di Kendal seperti Alfamart dan Indomart yang perbulannya bisa meraup keuntungan hingga Rp 100 juta/bulan.

”Kami tidak muluk-muluk, bisa untung Rp 25 juta/bulan saja, sudah sangat bersyukur. Namun untuk sementara, hanya ditarget oleh pihak ketiga untung Rp 4 juta/bulan,” kata Daryanto.

Menurut Daryanto, Pageruyung Mart akan dikelola oleh BUMDes persis dengan toko modern lainya yang bekerja sama dengan Indogrosir OMI. Dikatakan, saat ini pihaknya sudah mempekerjakan empat karyawan dan menjual hasil UMKM dari masyarakat yang ada di Kecamatan Pageruyung.
”Kedepan, kami akan melakukan pelatihan UMKM kepada sejumlah warga sekitar untuk mengisi Pageruyung Mart,” ujar Daryanto.

Dikatakan, pembangunan Pageruyung Mart menggunakan modal dari Dana Desa(Ddes) sebesar Rp 400 juta yang mana untuk pembangunan gedung Rp 200 juta dan modal kerja Rp 200 juta. Sedangkan untuk tanahnya memanfaatkan halaman balai desa setempat.
”Alhamdulillah sekarang sudah diresmikan. Kami berharap, kedepan hasilnya bisa melampui target,” imbuh Daryanto.

Sementara itu, Camat Pageruyung, Nur Kholis mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dengan didirikannya Pageruyung Mart ini. Karena Pageruyung Mart ini, merupakan toko modern yang pertama kali ada di Kendal.

Harapan kami, kedepan desa mampu meningkatkan pendapatan asli desa, serta menyerap dan membuka lapangan kerja serta produksi hasil UMKM dan pertanian sekitar,” kata Nur Kholis.(Andrew.S)

Tinggalkan Balasan