Panwaskab Kendal Petakan Ribuan TPS Rawan

0
397 views

 

Kendal,Investigasinews.net-Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Kendal petakan ribuan TPS rawan untuk Pilgub Jateng 2018. Sejumlah 1.235 dari total 1.795 TPS di Kabupaten Kendal dapat dinyatakan rawan. Indikator kerawanan tiap TPS berbeda-beda sesuai karekteristik kerawanan yang ada.

“Indikator pemilih disabilitas menduduki peringkat tertinggi dan ersebar di 433 TPS. Seperti, akses menuju TPS dan lay out TPS yang susah diakses pemilih disabel,” kata Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Kordiv PHL) Panwaskab Kendal, Arief Musthofifin, Selasa, (26/06) siang.

Menurut Arief Musthofifin, bahwa seringkali dianggap kerawanan masa Pilkada hanya berkutat pada money politic saja. Padahal, banyak indikator lain, dan dalam memetakan kerawanan TPS Panwas memakai lima belas indikator. Adapun indikator politik uang di masa kampanye berada pada peringkat delapan (12 TPS).

“Terkait politik uang, perlu diwaspadai pula indikator aktor politik uang yang sementara ditemukan di 9 TPS dan relawan bayaran di 29 TPS, dan angkanya tidak terlalu besar. Namun, tidak menutup kemungkinan di hari H pemilihan jadi lebih banyak dan massif,” ujar Arief Musthofifin.

Kerawanan lain tidak bisa dibaikan. Seperti, keberadaan TPS dekat posko/timses paslon (14 TPS), pemilih memenuhi syarat tidak terdaftar di DPT (118 TPS) dan pemilih tak memenuhi syarat terdaftar di DPT (279 TPS).

Pemilih di wilayah khusus seperti Rumah Sakit (21 TPS) dan distribusi C6 ke pemilih belum maksimal (275 TPS) juga termasuk di dalamnya. Tidak ketinggalan pula ketua dan anggota KPPS tidak ikut bimtek (2 TPS) serta praktik mempengaruhi pemilih berdasar sara (9 TPS).

Sedangkan empat indikator selebihnya tidak ditemukan kerawanan. Yaitu, indikator pemilih DPTb lebih dari 20 orang, petugas KPPS mendukung paslon, ketersediaan logistik dan praktik menghina/menghasut pemilih berdasar sara.

“Data diperoleh dari masa 10 s.d. 22 Juni 2018. Kondisi dinamis, sangat mungkin berubah karena saran perbaikan pengawas atau faktor lain. Yang jelas, Panwas berkomitmen mencegah potensi kerawanan tersebut, syukur bisa berhasil seratus persen,” tandas Arief Musthofifin di kantornya Jl. Kyai Gembyang No. 23 Kendal.(Andrew.S)

Tinggalkan Balasan