Pemerintah Kota Pekalongan Gelar Festival Balon Udara

0
550 views

Balon Udara Sebelum di Terbangkan ke Udara

Pekalongan, Investigasinews.net- Air Navigation Indonesia(ANI), bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekalongan, Kamis(21-Jumat 22/06) menggelar lomba menerbangkan balon hias ke udara, di lapangan Kuripan.

Festival balon udara ini, diikuti oleh 35 peserta dari wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Untuk aturan lomba menerbangkan balon ini, peserta bebas membuat kreasi maupun teknik menerbangkan balon sendiri.

Hanya saja, untuk ukuran dan tata caranya diatur seperti ukuran balon maksimal memiliki tinggi 7 meter dan lebar 4 meter, serta mampu terbang setinggi maksimal 150 meter, kemudian diikat atau ditambatkan dengan tali pada ketinggian 30 meter untuk bisa dinilai.

Manager Humas Airnav Indonesia(ANI) Yohanes Sirait, mengatakan, tradisi menerbangkan balon udara oleh masyarakat memang tidak semerta-merta dilarang seketika, namun secara perlahan masyarakat diajak untuk sadar akan bahaya menerbangkan balon ke udara secara serampangan atau tanpa ijin.
“Laporan pilot di tahun 2016 ada 14 balon liar terbang mengganggu penerbangan. Di periode lebaran, tahun 2017 meningkat menjadi 63 laporan, sedangkan untuk tahun 2018 ini, di hari pertama lebaran meningkat menjadi 71 laporan,”kata Manager Humas ANI, Yohanes Sirait.

Yohanes Sirait berharap, dengan adanya kegiatan lomba menerbangkan balon yang berisi muatan sosialisasi, bisa menurunkan angka penerbangan balon liar keudara, termasuk juga potensi meriahnya acara lomba tersebut, bisa menjadi agenda tahunan yang mampu mendorong wisata baru.

Sementara itu, Sekda Kota Pekalongan, Sri Rumingsih, mengatakan, dengan adanya kegiatan lomba menerbangkan balon hias ke udara cukup positif. Hal tersebut terbukti warga tidak keberatan dengan batasan penerbangan balon ke udara dengan cara ditambatkan atau diikat dengan tali.

“Lomba menerbangkan balon hias ke udara ini, untuk pertama kalinya digelar di Kota Pekalongan, dan mampu menjaring 35 peserta dari wialyah Pekalongan dan sekitarnya,”kata Sekda Kota Pekalongan, Sri Rumingsih.

Sekda berharap, dengan diadakannya festival balon menerbangkan balon udara ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak lagi menerbangkan balon keudara secara semabarangn atau liar.(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan