Pemkab Kendal Raih TOP IT on Open Source Application

0
292 views

Kendal, Investigasinews.net- Pemerintah Kabupaten Kendal meraih dua kategori penghargaan yaitu TOP IT on Open Source Application 2018 dan TOP Leader on IT Leadership 2018.

TOP IT & TELCO 2018 ini, merupakan event tahunan yang ke-5, sejak pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2014. Event TOP IT & TELCO 2018 tersebut diselenggarakan oleh majalah It Works, yang bekerjasama dengan beberapa asosiasi TI TELCO dan Konsultan TI Independen.

Majalah It Works adalah penyempurnaan dari Itech, dimana majalah Itech sudah tidak diterbitkan lagi oleh PT Madani Solusi Internasional. Didampingi PLT Diskominfo Kabupaten Kendal Ferinando Rat Bonai, Bupati Kendal Mirna Annisa menerima penghargaan IT & TELCO tersebut di Golden Ballroom – The Sultan Hotel, Jakarta(6/12).

PLT Diskominfo Kabupaten Kendal Ferinando Rat Bonai mengatakan, event TOP IT & TELCO 2018 itu, dihadiri oleh 500 audience, sejumlah Menteri, Gubernur, Walikota, Bupati, dan Para CEO serta IT Manager. yang terbesar dan paling kredibel di Indonesia,

Untuk wilayah Jawa Tengah, selain Pemkab Kendal yang mendapatkan penghargaan, dengan kategori berbeda adalah dari Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Boyolali, serta beberapa daerah lainnya.

“Penghargaan yang diraih Bupati Kendal Mirna Annisa itu, karena atas kepemimpinannya yang mampu mendorong penggunaan IT di Pemerintahan Daerah(Pemda) untuk pelayanan pada masyarakat.

Karena Pemda banyak membuat aplikasi-aplikasi yang bisa menjadi bahan penilaian di event pemberian penghargaan IT & TELCO 2018, jadi kita dapat dua penilaian tersebut,”kata Ferinando.

Menurut Ferinando, penilaiannya dilakukan secara obyektif dan independen oleh para pakar IT yang tergabung di beberapa asosiasi IT & TELCO terhadap perusahaan dan instansi pemerintahan, termasuk kementerian dan lembaga negara.

Pada event ini, tema yang diangkat adalah “Great IT for Great Business & Government”. Kegiatan tersebut bukan sekedar ajang penilaian dan penghargaan semata. Melainkan banyak manfaat yang diperoleh peserta.

“Kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan IT & TELCO 2018 diikuti oleh 200 perusahaan dan instansi terbaik yang direkomendasikan oleh para pakar IT TELCO, lalu terpilih 150 perusahaan finalis. Ada tiga metode penilaian yang dilakukan,” ujar Ferinando.

Dikatakan, ada tiga metode penilaian yakni, kuesioner dan wawancara penjurian untuk menilai keberhasilan implementasi dan pemanfaatan solusi TI TELCOnya. Kemudian, kuesioner dan riset tentang Rekomendasi User IT TELCO untuk penilaian kategori Business Solution.

“Terkahir penilaian Market Research di enam kota besar yaitu Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Medan, Makasar, dan Balikpapan, mendapatkan index penilaian customer/ masyarakat terhadap produk-produk IT TELCO,” tandas Ferinando.

Ferinando, menambahkan, bahwa bupati merasa senang atas raihan dua penghargaan yang didapat itu, karena merupakan bentuk perhatian terhadap lembaga dalam penggunaan IT untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Harapannya dengan penghargaan ini bisa memicu semangat untuk lebih meningkatkan dalam pelayanan kepada masyarakat, khusunya di Kabupaten Kendal,” harap Ferinando.

Bupati Kendal Mirna Annisa yang dimintai keterangan terkait penghargaan yang diterimanya ini mengatakan, bahwa semoga penghargaan tersebut bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Karena bagaimanapun juga IT itu bisa mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan mendapatkan pelayanan dari pemerintah.(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan