Nelayan sedang melukis didampingi panitia lomba, Hartono

Kendal, Investigasinews.net-Ada yang berbeda pemandangan di bantaran Sungai Kalikuto, masuk Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari. Perahu- perahu yang selam ini terlihat kumuh dan kotor, namun pada Sabtu(07/07) sore, ratusan perahu yang ditambatkan di bantaran Sungai Kalikuto tersebut terlihat cerah dan mengkilap.

Rupanya, cerah dan mengkilapnya perahu tesrebut, karena baru dilakukan pengecatan oleh pemiliknya yang dua hari terakhir ini, baru mengikuti lomba mengecet perahu yang digelar oleh Paguyuban Nelayan setempat, yang bekerjasama dengan perusahaan cat.

Meski harus membeli cat sendiri sendiri, nelayan pun antusias untuk mengikuti lomba mengecat perahu miliknya, karena panitia memberikan sejumlah hadiah menarik seperti kulkas, lemari es, tv, sepeda ontel, sepeda motor dan lain sebagainya.

“Saya senang pak, mengikuti lomba mengecet ini, selain agar perahu saya terlihat baru dan tidak mudah rusak, juga karena panitia menyediakan sejumlah hadiah banyak,”kata Moh Irwan.

Sementara, pihak perusahaan cat bernama Hartono, mengatakan, lomba mengecat perahu yang dilakukan di Desa Gempolsewo, Rowosari ini, baru pertama ia lakukan. Bahkan pesertanya pun mencapai sekitar 127 nelayan dengan berbagai perahu ukuran yang beda.

“Sebetulnya, kami sudah melakukan lomba mengecat perahu di sejumlah daerah, antara lain Demak, Jepara, batang dan Semarang. Kalau di Kendal, baru pertama kali yaitu di Kelurahan Bandengan dan Desa Gempolsewu ini,”kata Hartono.

Menurut Hartono, lomba mengecat ini mendapat antusias dari para nelayan yang selama ini melaut di laut gempolsewu, Rowosari meski cat tersebut membeli sendiri.

“Saua berharap, lomba melukis perahu ini tidak semata- mata hanya untuk mengharap hadiahnya saja, akan tetapi bisa memberikan edukasi bagi para nelayan tentang arti kebersihan dan keindahan terhadap lingkungan perahunya sendiri,”ujar Hartono.(Andrew. S)

Related Post

Tinggalkan Balasan

investigasinews logo
Jam Layanan & Info
Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 8 pelanggan lain