PKB Tarik Jabatan MD

0
543 views
Rapat Paripurna yang dihadiri 33 dari 46 anggota DPRD Purworejo
Rapat Paripurna yang dihadiri 33 dari 46 anggota DPRD Purworejo

Investigasinews.net. Purworejo – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menarik jabatan MD, Anggota DPRD Purworejo yang tersandung dugaan perselingkuhan dengan sesama Anggota Dewan dari PKS, DS.

Dari jabatan yang diemban oleh MD, baik sebagai pimpinan Fraksi PKB maupun pada alat kelengkapan Dewan seperti Badan Anggaran (Banggar), Komisi dan Badan Kehormatan (BK), semuanya diganti oleh anggota lain dari partai berbasis NU tersebut. Bahkan untuk Banggar sudah tidak ada lagi nama MD.

Hal itu diketahui dari pengumumam yang disampaikan Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi di sela-sela rapat paripurna penyampaian raperda inisiatif Dewan, Senin (4/6). Paripurna yang dihadiri 33 darii 45 Anggota DPRD itu dihadiri Bupati Agus Bastian dan Sekda Said Romadhon.

“Kami sampaikan bahwa pimpinan fraksi dan alat kelengkapan DPRD dari Fraksi PKB mengalami perubahan,” kata Luhur. Untuk fraksi, MD yang diketahui sebagai Ketua Fraksi PKB, tidak lagi menjadi pimpinan, melainkan hanya anggota saja. Adapun di Banggar tidak ada lagi nama MD.

Saat Luhur menyampaikan pengumuman tersebut, Sekretaris Fraksi PKB Rr Nurul Komariyah menginterupsinya. Nurul menegaskan penarikan tugas MD dari Banggar dan BK sudah sah. Begitu juga penggantian ketua Fraksi PKB oleh Purwadi, yang sebelumnya dijabat MD pun sudah sah karena diparipurnakan.

“Namun, sebagai pimpinan komisi, di mana MD menjabat sebagai Ketua Komisi C DPRD Purworejo, tentu masih menunggu agenda Dewan selanjutnya. Dan kami serahkan melalui mekanisme yang ada,” terang Nurul.

Sementara itu, raperda inisiatif DPRD yang diajukan yakni Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS, Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, Retribusi Tera/Tera Ulang, dan Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor 6 Tahun 2w016 tentang Tata Cara Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Pengajuan raperda inisiatif Dewan itu mendapat tanggapan positif dari Bupati Agus Bastian. Setelah diskors sekitar seperempat jam, paripurna itu kemudian dilanjutkan dengan pemandangan fraksi-fraksi yang penyampaiannya diwakili oleh Anggota Fraksi PDIP Prabowo. Selanjutnya dibentuk Pansus dan pimpinannya.

(M.Faizin)

Tinggalkan Balasan