Polres,TNI dan Pemerintah Kabupaten Siap Amankan Pilkades dan Pilkada 2020.

0
272 views

Kendal, Investigasinews.net- Polres Kendal, Rabu (6/11/19) menggelar Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata Candi 2018 di halaman Mapolres Kendal. Acara ini dihadiri wakil Bupati Kendal,Masrur Maskur, komisioner KPU, perwakilan partai politik, unsur Polri dan TNI.

Wakapolres Kendal, Kompol Sumiarta, mengatakan, pihaknya bersama pemerintah Kabupaten Kendal dan TNI siap mengamankan pelaksanaan dua agenda besar yang bakal digelar pada 2020, yaitu pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang dilaksanakan pada Maret atau April dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kendal pada September 2020.

Saat ini, pihaknya telah menyiapkan personel untuk mengawal dan mengamankan jalannya tahapan pilkades mau pun Pilkada. Pememerintah Kabupaten Kendal sudah turun ke masyarakat dan memberikan pembinaan terhadap warga melalui RT dan RW.

“Bupati, wakil bupati, sekda, jajaran Polri dan TNI sudah turun ke masyarakat untuk melakukan pembinaan,’’ kata Wakapolres Kendal, Kompol Sumiarta.
Sumiarta mengatakan, untuk mengantisipasi kerawanan pada Pilkades maupun Pilkad itu, pihaknya sudah mempersiapkan pengamanan dari polres dan menggandeng TNI.

‘’Kami juga akan berkoordinasi dengan Brimbo Polda Jateng jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan pengamanan,’’ ujar Sumiarta.

Terkait kerawanan pada pilkades dan pilkada, polisi sudah memetakan sejumlah wilayah dan berharap tidak terjadi gesekan. Karena Pilkades pelaksanaannya menyebar, dan pengamanannya melibatkan unsur kecamatan.

‘’Saya berharap tidak terjadi kerawanan selama proses Pilkades dan Pilkada, karena sudah ada pendidikan karakter yang diberikan kepada masyarakat,’’ imbuh Sumiarta.

Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Polri dan TNI untuk pengamanan kegiatan besar yang ada di Kabupaten Kendal ini.

“Kami sudah melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan dengan lebih baik,’’ kata Masrur Maskur.(Tim)

Tinggalkan Balasan