Polsek Limbangan, Gelar Acara Seminar dan Pelatihan Pengolahan Sampah.

0
916 views

Kendal, Investigasinews.net-Jajaran Polsek Limbangan, Jumat(25/05) gelar acara seminar dan pelatihan pengolahan sampah bertempat di Balai Desa Limbangan, yang diikuti oleh 15 orang dari Banser Limbangan dan 30 orang FKPM ojek Limbangan.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, dr. Nanang Sp.B, Camat Limbangan(Widodo, S.Sos), Forkopimcam Limbangan, ketua Panwascam Limbangan(Rusbianto), Kades dan Perangkat Desa Limbangan.

Kapolsek Limbangan AKP Ali Musofa, S.T., M.M., mengatakan, sampah organik dapat mandiri energi berupa mandiri listrik, mandiri gas, mandiri pupuk dan menjadikan ketahanan pangan. Bioreaktor kapal selam untuk mandiri listrik dan gas, juga berbahan dasar organik.

“Pemanfaatan limbah organik rumah tangga diolah dengan fermentasi (trasi & gula) juga bisa menjadi pupuk cair organik,” kata Kapolsek Ali Mustofa.

Tujuan dari acara ini adalah, untuk meningkatkan ketahanan pangan mandiri dengan menggunakan pupuk cair organik.

Menurut Ali Mustofa, Kegiatan anjangsana Polsek Limbangan ini bersifat rutin. Untuk hari Rabu pagi diawali binrohtal berupa ngaji bareng, dilanjutkan dengan tausiyah.

Setelah selesai, dilanjutkan dengan berinfaq dari anggota yg bersifat suka rela.
Selanjutnya, pada hari Jum ‘at dilanjutkan bersedekah kepada warga kurang mampu.

Kegiatan ini di langsungkan bersamaan kegiatan seminar dan keplatihan dari sampah organik menuju mandiri energi dan mandiri pupuk.

“Shodaqoh ini kami belanjakan sembako, dan kami berikan kepada anggota banser dan ojek yang kurang mampu,” ujar Kapolsek Ali Mustofa.

Dikatakan, kegiatan ini sudah serimg dilakukan sebelum bulan puasa, seperti peduli khitan yang bekerja sama dengan rumah kitan NN Semarang yang dilaksanakan setiap sebulan sekali, dengan peserta dari keluarga kurang mampu.
Sementara itu, Camat Limbangan Widodo, mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya Limbangan.

(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan