Prospek Budidaya Walet “Menjanjikan”

0
461 views

Kendal,Investigasinews.net – Menghadapi kompetisi bisnis budi daya sarang burung walet yang terus semakin ketat, puluhan pelaku usaha terus berinovasi. Salah satunya melalui seminar budidaya burung walet agar hasilnya maksimal dan berkelas dunia.

Hal tersebut ditunjukkan dengan antusiasme para pelaku usaha bisnis budidaya burung walet saat mengikuti kegiatan seminar “Strategi Sukses Membangun Bisnis Budidaya Walet” yang digelar di hotel Sae Inn Kendal, Minggu (30/6).

Konsultan Budidaya Burung Walet Asia Tenggara, Arief Budiman mengatakan seminar ini di ikuti sekitar 75 peserta seminar dari berbagai daerah. Seperti Palembang, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tenggara.

“Bahkan dari negara lain seperti Malaysia dan Singapura beberapa pelaku bisnis usaha burung walet ada yang mengikuti kegiatan seminar ini. Tujuannya untuk mendapatkan ilmu teknik budidaya burung walet yang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal,” kata pria yang sudah melanglang buana ke berbagai negara ini.

Arief mengatakan, kegiatan seminar ini dilakukan untuk menyikapi bisnis sarang burung walet yang semakin ketat. Selain harga sarang walet yang hingga saat ini terus merangkak naik, juga mengajak masyarakat petani walet agar lebih semangat kembali.

“Seminar bisnis budidaya burung walet ini, tak hanya diikuti olwh masyarakat dari berbagai pelosok daerah di Indonesia, akan tetapi juga ada warga dari luar negeri,”ujarnya.

Menurutnya, mereka tertarik karena keuntungan yang bakal didapat dari budidaya burung walet ini sangat menggiurkan. Oleh karena dirinya tak henti merangkul semua petani walet baik yang sudah berproses maupun baru akan memulai agar sukses menekuni usaha tersebut.
Dikatakan, tak hanya berbagi ilmu dalam seminar, ia juga membuka konsultasi strategi sukses bisnis usaha budidaya walet.

“Sejak tahun 1999 hingga sekarang, saya terus mendampingi petani walet dari berbagai daerah. Semua saya beri edukasi yang baik agar sukses dalam usaha tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, peserta seminar juga mendapatkan ilmu teknik budidaya walet, dan trik meningkatkan populasi serta memberikan solusi atas kasus yang dialami oleh setiap peserta.

Bahkan, peserta juga mendapat layanan free konsultasi pasca seminar. Melalui teknik dan ilmu yang benar dalam membangun usaha budidaya walet, petani walet akan menikmati hasil yang memuaskan.

“Prospek usaha budidaya burung walet ini sangat menggiurkan, sebab hasilnya juga memuaskan demi masa depan petani walet,” ungkapnya.
Melihat harga sarang burung walet yang cukup tinggi berkisar antara Rp 10 juta – Rp 12 juta tiap kilogram, terlebih dengan perawatan yang tidak terlalu ribet maka banyak orang terdorong melakukan terjun di bisnis usaha tersebut.

Salah satu peserta, Rintus (52) petani budidaya walet asal Nunukan Kalimantan ini mengaku penasaran dan ingin mengembangkan usaha budidaya burung walet semakin meningkat.

“Baru setahun menekuni usaha budidaya burung walet ini. Dengan modal satu gedung berlantai empat, berharap bisa panen sarang burung walet banyak. Sebab, harga sarang walet tiap kilogram sangat bagus,” katanya.

Menurut Rintus, dalam menekuni usahanya yang baru dirintis itu tak membuatnya pantang menyerah untuk terus belajar, salah satunya giat mengikuti seminar di berbagai daerah.

“Meski jauh, demi bisa dapat ilmunya, saya rela datang ke Kendal. Dengan harapan usaha budidaya walet saya terus meningkat,” terangnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan