Puluhan Anak Muda Ikuti Pelatihan Cara Sukses Berbisnis.

0
187 views


Kendal, Investigasinews.net – Puluhan anak muda di Kabupaten Kendal, mengikuti Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Pemuda yang digelar oleh DPD KNPI Kabupaten Kendal, di Tirto Arum Baru(TAB) Senin (4/11).

Konsepnya adalah Sekolah Kewirausahaan, dan menghadirkan berbagai narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Tujuan dari pelatihan ini, untuk mengajak kepada anak muda supaya mau menekuni bidang kewirausahaan.

Salah satu pemateri, CEO Laxita Kayana Corporation, Guntur Raditya Wardhana mengatakan, dalam menjalankan bisnis harus memahami fashion.

Yang dimaksud disini adalah, sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang dimiliki. Misalnya, jika tidak memiliki bakat memasak, maka sebaiknya tidak membuka warung makan, karena masakannya dikawatirkan tidak akan enak, sehingga pembelinya sedikit.

“Pahami kemampuan atau potensi diri, dan kembangkan, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Agar bisnisnya berkembang, maka perluas jaringan,” kata Guntur Raditya Wardhana, yang juga seorang motivator bisnis tersebut.

Ada dua materi yang diberikan dalam Sekolah Kewirausahaan tersebut, yakni “Mindset Bisnis” dan “Peluang Usaha di Era 4.0”.

Guntur mengungkapkan bahwa, hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah, kunci keberhasilan dalam berbisnis itu diawali dengan niat yang benar.

Niat yang benar itu, yaitu supaya diberi kelancaran, berkah dan bermanfaat. Jangan selalu memikirkan bisnisnya berhasil, yang penting ikhlas menjalankan usaha, karena menjalankan bisnis merupakan ikhtiar untuk memenuhi kewajiban perintah Tuhan.

“Selama niat kita benar dan kita berproses dengan benar, Insya Allah, Allah akan membukakan jalannya,”ujar Guntur.

Selain niat yang benar, dalam menjalankan bisnis juga harus mengikuti proses yang benar, tidak lupa berdoa dan berserah diri.

Selain itu, jika mengalami kegagalan, maka jangan putus asa, akan tetapi tetap berjuang dan mencoba lagi.

“Jangan setengah-setengah atau tidak fokus, jika sudah menjalankan bisnis, maka harus komitmen untuk menekuninya,” terang Guntur.

Panitia Sekolah Kewirausahaan, Arif Fajar Hidayat mengatakan, kegiatannya diikuti 75 peserta. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dan dibuka Minggu (3/11).

Penekanan pada materi awal pada pemahaman mainset bisnis.

“Bisnis bukan sekedar berjualan, tapi harus bisa membangun sistem supaya bisnis semakin berkembang,”kata Arif Fajar Hidayat.

Sementara itu, Ketua KNPI Kendal, Nanang Husni Faruk berharap dengan sekolah Kewirausahaan dapat melahirkan anak-anak muda di Kabupaten Kendal menggeluti dunia bisnis wirausaha.

Karena dengan wirausaha inilah yang bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Tak sampai di sini, nantinya akan ada pertemuan-pertemuan lagi untuk materi bisnis lainnya, juga sharing, berbagi informasi dan menjalin komunikasi untuk saling support biar bisa maju bersama,” pungkas Nanang Husni Faruk.(Tim)

Tinggalkan Balasan