PWOI JATENG Gelar Uji Kompetensi Wartawan

0
498 views


Semarang,28/07 (Investigasinews.net)- Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOI) Jawa Tengah, Sabtu(28/7) gelar Uji Kompentesi Wartawan (UKW) di Hotel Pandanaran Semarang. Acara ini, dihadiri ratusan peserta wartawan online dari sejumlah kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Ketua PWOI, Jawa Tengah, Ramat Da’wah mengatakan kegiatan UKW ini baru pertama kali digelar di Semarang. Ternyata tak terduga dan banyak wartawan online yang tergabung dalam wadah PWOI, Jawa Tengah ini, antusias mengikutinya.

“Antusiasme para wartawan online mengikuti acara ini menunjukkan bahwa pentingnya UKW untuk menambah kemampuan kewartawanan sekaligus mengerti tentang apa itu jurnalistik,”kata Rahmat Da’wah.

Keberadaan PWOI ini dibentuk sebagai wadah untuk memberikan bekal kepada wartawan di lapangan agar dalam prateknya tidak melanggar batas- batas kode etik jurnalistik.

“Materi yang diberikan dalam UKW ini, meliputi UU Pers No.40 Th 1999, etika dan sikap wartawan sesuai kode etik jurnalistik yang ada. Nara sumber sendiri berasal dari wartawan yang tergabung di PWOI, dari Kompas TV, Wawasan serta dari Pakar Akademisi UNTAG Semarang,”ujar Rahmat Da’wah.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh DPP PWOI Jakarta, Liyan Lubis. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kegiatan UKW ini sebagai modal dan pembekalan bagi para jurnalis online untuk melakukan tugas peliputan secara profesional.

Sementara, Ketua Umum DPP PWOI Dra.Marnala Emy Manurung mengapresiasi terhadap kegiatan UKW yang digelar PWOI Jawa Tengah ini. Marnala, mengatakan bahwa, UKW ini penting bagi para wartawan serta untuk memberikan bekal di lapangan.

” Banyaknya kriminalisasi terhadap insan pers yang muaranya tidak lepas dari ketidakpuasan terhadap pemberitaan, merasa dicemarkan, tendensius, tidak berimbang dan lain sebagainya. Hal ini semua ini menyangkut dari pada Kode Etik,”ujar Marnala.

Ketua panitia UKW Imam Subagyo, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada semua wartawan yang tergabung dalam wadah PWOI, Jawa Tengah, karena secara tdiak langsung ikut mendukung dan mensukseskan terlaksananya kegiatan UKW ini.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan UKW ini untuk memberikan bekal para wartawan yang tergabung di PWOI, agar mereka mengerti dan paham tentang jurnalistik,”kata Imam Subagyo.

Menurut Imam Subagyo, digelarnya kegiatan UKW ini diharapkan dapat menjadi bekal terhadap anggota PWOI saat melakukan kegiatan jurnalistiknya di lapangan.(Tim/PWOI)

Tinggalkan Balasan