Rumah Sakit Umum (RSU) Baitul Hikmah Gelar Lomba Tahfidz Qur’an

0
778 views

Kendal, Investigasinews.net – Rumah Sakit Umum (RSU) Baitul Hikmah, Rabu (07/6), gelar Final Lomba Tahfidz Quran Juz Amma, bagi anak-anak di Aula Rumah Sakit setempat. Acara tersebut diikuti oleh sebanyak 15 finalis yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Salah satu peserta, Adam Imtiyazu Raihan (6), dari Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kota Kendal, mampu dengan baik menjawab setiap pertanyaan ayat dan surat yang diberikan oleh pemateri.

Komisaris RSU Baitul Hikmah Kendal, Siti Istiqomah, mengatakan, lomba tahfidz qur’an juz amma merupakan yang kali pertama ia gelar. Ramadan tahun ini begitu istimewa, karena dapat mepersembahkan lomba tahfidz qur’an juz amma bagi anak-anak.

Lomba tahfidz quran bertujuan sebagai bentuk syiar Islam dan sekaligus membumikan al-quran di masyarakat. “Ini yang pertama. InsyaAlloh Ramadan tahun depan kami gelar lagi. Selain memotivasi anak-anak menghafal al-Quran juga menanamkan akan rasa kecintaannya pada kitabullah tersebut,” kata Siti Istiqomah.

Menurut Siti Istiqomah, lomba tahfidz quran juz amma bagi anak-anak awalnya diikuti sebanyak 303 pendaftar. Lomba diadakan pada tanggal 5 dan 6 Juni 2018. Pada babak pertama, terpilih sebanyak 70 peserta terbaik. Kemudian terpilih kembali 15 terbaik untuk maju ke babak final.

Peserta lomba hafidz juz amma maksimal usia 11 tahun. Peserta terkecil dalam lomba tersebut berusia lima tahun. Syarat dalam lomba tahfidz quran juz amma bahwa peserta harus sudah hafal 1 juz. Peserta lomba tahfidz quran berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Seperti, Kendal, Batang, Pekalongan, Jepara, dan Semarang. Juri lomba merupakan hafidz/hafidzah dari imam Masjid Agung Semarang dan juga dari kalangan pesantren.

“Lomba ini, yang dinilai ketartilanya, maharijul khuruf/tahsin, kelancaran, adab dan lagu. Dan lomba ini gratis, semua peserta mendapatkan piagam dan hadiah menarik dan almari pakaian,”ujar Siti Istiqomah.

Untuk juara I, II dan III, mendapatkan uang pembinaan dan tropi. Sebagai juara I Nasywaa Ranaa, juara II Eina Riskha Rahmae dan juara III Arina Frchatil Machya.

Sementara itu, Camat Gemuh M Fatoni, mengapresiasi lomba tahfidz quran juz amma yang diadakan RSU Baitul Hikmah Kendal. Lomba tersebut dapat menamkan rasa kecintaan akan al quran kepada anak-anak sejak dini.
“Kegiatan ini sangat bagus. Pesertanya didominasi dari anak-anak/siswa SD IT. Diharapkan tahun depan akan ada peserta dari SD negeri yang ikut ambil bagian di lomba ini,”kata M Fatoni.

(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan