Satgas Covid -19 Desa Kebonharjo, Razia Masker Di Pasar Bodri Jaya

0
16 views
Rosidi, Kepala Desa Kebonharjo Patebon sedang sosialisasi masker kepada pedagang pasar.(FOTO:Invest/Likwi)

Kendal,Investigasinews.net-Satgas Covid 19 Desa Kebonharjo Kecamatan Patebon menggelar razia masker di pasar Bodri Jaya, Senin (22/6).

Razia ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan pasar dan karena adanya lonjakan positif Covid -19 yang sebagian besar dari cluster pasar tradisional.

Razia ini dipimpin langsung oleh Rosidi selaku ketua satgas Covid -19 sekaligus Kepala Desa Kebonharjo Patebon.

“Desa Kebonharjo juga punya pasar desa. Yaitu Pasar Bodri Jaya. Sehingga harus segera diupayakan pencegahan penularan Covid-19,” kata Rosidi.

Selain tersebut diatas, razia ini juga sebagai bentuk sosialisasi dan seruan Peraturan Pupati No 51 tahun 2020 tentang kewajiban penggunaan masker dan jaga jarak fisik (Physical
Distancing) dalam rangka percepatan pencegahan
dan penanggulangan Covid-19.

Menurut Rosidi, dalam pelaksanaan razia masker ini masih banyak ditemukan pedagang ataupun pengunjung pasar yang tidak memakai masker.

Mereka yang membawa masker pun tidak dipakai sebagaimana mestinya. Masker yang dipakai tidak menutup hidung dan mulut dan hanya dililitkan ke leher.

Berbagai alasan yang diutarakan para pedagang yang terkena razia, mulai dari kelupaan tidak membawa masker hingga tidak mempunyai masker.

Menanggapi hal tersebut, tim satgas Covid-19 hanya memberikan imbauan dan sosialisasi.

” Bagi yang tidak memakai masker sebagai mana mestinya, kami beritahu cara memakai masker yang benar. Bagi yang tidak memakai masker langsung kami kasih masker,” ujar Rosidi.

Selain itu tim satgas Covid-19 juga mensosialisasikan Perbup No 51 tahun 2020, bahwa mulai per hari ini, bagi yang ketahuan tidak memakai masker mendapat sanksi.

Dalam razia masker ini, tim sagas Covid-19 telah membagikan masker sebanyak 100 biji kepada pedagang pasar Bodri Jaya, yang 60 masker diantaranya adalah bantuan dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

” Kami berharap bisa terus sinergi dengan pemerintah desa, bersama- sama mencegah penularan Covid 19. Dan ini merupakan salah satu bentuk komitmennya dari mereka, ” tutur Siti Munawaroh dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

Selain itu, Desa Kebonharjo juga telah membuat satgas jogo tonggo hingga wilayah RT sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Satgas ini selalu mensosialisasikan protokol kesehatan. pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Dan ini harga mati,” tegas Siti Munawaroh.(Likwi}

Tinggalkan Balasan