Stok Darah Golongan AB dan O Nipis di Bulan Ramadhan

0
204 views
pendonor darah
pendonor darah
pendonor darah
pendonor darah

 

KENDAL, Investigasinews.net- Stok kantong darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jalan Raya, Sukarno Hatta Patebon, Kendal selama bulan Ramadhan ini, berkurang drastis. Berkurangnya stok darah ini, karena bulan Ramadhan tak ada kegiatan donor darah seperti hari- hari biasanya. Begitupun dengan warga yang biasanya mendonorkan darah sendiri langsung ke kantor PMI, selama bulan Ramadhan ini juga tidak ada.

 

Ketua PMI Kendal, Budi Mulyono mengatakan stok darah yang kekurangan di bulan Ramadhan ini anatra lain jenis darah golong AB dan O. Sedangkan jenis darah lainnya seperti golongan A dan B masih tercukupi.

 

“Kami mohon kepada masyarakat yang merasa memiliki darah golongan AB dan O untuk mendonorkan darah ke PMI Kendal meski saat ini bulan Ramadhan,” kata Budi Mulyono (31/5).

 

Menurut Budi Mulyono, darah golongan AB dan O beberapa hari terakhir ini banyak yang membutuhkan. Sementara stok di PMI Kendal terus berkurang. Saat ini untuk stok darah golongan AB yang tersedia tinggal 9 kantong dari stok normalnya adalah 50 kantong darah. Sedangkan untuk  golongan darah O stok normalnya 100 kantong, tapi saat ini yang tersedianya tinggal 15 kantong darah.

 

“Satu kantong darah bisa bertahan 30-35 hari. Lebih dari massa itu, darah sudah tidak bisa dipakai meskipun jumlah kantong darahnya masih banyak. Akan tetapi bulan Ramadan seperti sekarang ini memang selalu kurang, karena minat orang untuk mendonorkan darah berkurang karena takut lemas saat puasa,”ujar Budi Mulyono.

 

Dikatakan, meski stok darah golongan A dan B masih tercukupi, tapi PMI Kendal juga masih menerima pendonor darah. Karena enam hari menjelang lebaran hingga tiga hari setelah lebaran, stok darah bisa kekurangan, karena orang mulai mudik lebaran.

 

Langkah untuk mencukupi kebutuhan darah di PMI Kendal, dilakukan dengan melakukan donor tarawih keliling. Yakni dengan bekerja sama pengurus takmir masjid-masjid besar.

 

“Stok darah di PMI, biasanya mulai normal setelah aktivitas kerja normal kembali,” imbuh Budi Mulyono.

 

Selain itu pihak PMI juga bekerja sama dengan Ormas-ormas, dan  sudah ada ormas yang siap untuk mendonorkan darahnya diantaranya dari Banser Kendal.

(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan