Sudah 30 Tahun Tradisi Halal Bi Halal KH Nur Ahmad Afandi Cikawung

0
565 views
Suasana Halal Bi Halal Keluarga KH Nur Ahmad Afandi Cikawung Sukabumi

 

Suasana Halal Bi Halal Keluarga KH Nur Ahmad Afandi Cikawung Sukabumi

 

Investigasinews.net Sukabumi – Tradisi silaturahmi yang dikemas dengan kegiatan Halal bil halal ( HBH) trah keluarga besar Anak cucu cicit KH Nur Ahmad Afandi yang merupakan salah seorang Tokoh Agama  cikal bakal pendiri Pondok Pesantren Bina Bangsa Cikawung Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat kini telah berjalan 30 (tiga puluh) tahun secara terus tanpa henti  paska lebaran Idul Fitri   setiap tahunnya . Hal ini sebagaimana disampaikan salah seorang pengurusnya, Kyai Satori yang mengungkapkan kebanggaannya atas semakin lestrarinya kegiatan silaturahmi ini secara simultan setiap tahunnya,”‘Alhamdulillah acara silaturahmi ini berjalan setiap tahunnya dan hampir semua keluarga besar bisa hadir,” ungkapnya ( Minggu,17/6).

 

Selanjutnya Kyai Satori juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak dalam acara ini,terutama sodaqoh dari para donatur sudah digunakan diantaranya untuk perbaikan Masjid serta pelaksanaan kegiatan ini,” Kami memang mengupayakan dana yang ada, tidak menarik iuran agar pelaksanaan silaturahmi ini berjalan tanpa halangan, intinya silaturahmi,” imbuhnya.

 

Sementara Ketua Pengurus Yayasan Ponpes Bina Bangsa Cikawung, Drs Abbas, MM menyampaikan peogres report perkembangan lembaga pendidikan yang diampunya telah meningkat cukup pesat,” Saat ini lembaga pendidikannya telah mengikuti sesuai perkembangan, diantaranya ujian berbasis komputer dengan para pengajarnya lulusan strata satu dan magister, tahun ini kita termasuk 10 besar di Sagaranten,” jelasnya. Namun dalam mengelola Institusinya ini, Abbas mengakui tidak terlepas dari pembuat kebijakan didaerah,” Dalam hal ini kami mohon maaf, karena dalam memajukan lembaga pendidikan ini harus juga melakukan pendekatan kepada pembuat kebijakan. Jadi perjuangannya tidak hanya didalam pengimaman ( Red: Masjid, tapi memang harus di lembaga politik,” tandasnya.

 

Selanjutnya Ustadz Drs. Dadang dalam uraian tausiyahnya menekankan akan pentingnya Silaturahmi dalam kehidupan kita, termasuk dalam keluarga besar keturunan Anak cucu Trah KH Nur Ahmad Afandi yang dapat dilakukan semakin berkualitas dan erat satu diantara lainnya,” Barangsiapa yang ingin diperbanyak rizki serta dipanjangkan umurnya,maka hendaklah bersilaturahmi,” ujarnya mengutip sebuah hadis. Dan Ustadz Dadang pun mewanti-wanti agar silaturahmi ini berjalan dengan.baik,maka perlu diantara kita saling mengingatkan dan memahami satu sama lainnya,” Jadi kalau ada keluarga kita yang nggak bisa berangkat, maka perlu ditanyakan. Dan jika ada permasalahan , perlu dicarikan solusinya,” ungkapnya.

 

Sebagaimana Tradisi kegiatan Halal bil halal pada umumnya, maka HBH ini pun disamping dihadiri para keluarga beserta anak pinaknya juga diwarnai suasana haru serta kangen-kangenan diantara keluarga yang satu dengan lainnya di Masjid Cikawung yang penuh sejarah. Mereka pun kadang bersenda gurau, ramah tamah serta ada juga yang sibuk dengan menyiapkan hidangan siap saji untuk makan bareng.

(Red/pwoi)

Tinggalkan Balasan