Sungai Kendal Meluap, 6 Kelurahan Terendam Banjir

0
841 views
Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan Kantor Koramil Kendal
Seorang pengendara sepeda motor melintas di depan Kantor Koramil Kendal

Kendal, Investigasinews.net- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kendal sore hingga malam Minggu kemarin, mengakibatkan sungai Kendal meluap. Akibat meluapnya sungai Kendal ini, sedikitnya enam kelurahan di Kecamatan Kendal terendam banjir.

Munasir, warga Kebondalem mengatakan, air masuk ke dalam perkampungan dan rumah warga sejak pukul satu lebih tiga puluh menit dini hari.

Sungai Kendal yang membentang di perkotaan ini, meluap akibat air kiriman dari wilayah atas yang diguyur hujan deras sejak sore hingga malam Minggu kemarin.

Genangan air paling tinggi terjadi di Kelurahan Pekauman dan Ngilir, Kecamatan Kota Kendal. Di dua kelurahan ini, ketinggian air mencapai 30 hingga 50 sentimeter.

Untuk mengantisipasi masuknya air kedalam rumah, warga memilih menutup pintu rumah mereka rapat- rapat. “Saya sengaja menutup pintu rumah agar air tidak masuk ketika ada mobil lewat mas,”kata Munasir.

Sedimentasi sungai dan banyaknya sampah yang menghambat aliran sungai, sehingga sungai meluap menggenangi rumah warga. Air juga menggenangi ruas Jalan Masjid Agung Kendal, jalan menuju ke Pasar Kendal dan jalan Habibproyo, sehingga mengganggu jalannya arus lalu lintas.

Tak ketinggalan pula, halaman sebuah sekolah lanjutan atas swasta, dipenuhi dengan genangan air. Beruntung hari ini sekolah libur, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kendal, sedikitnya ada enam kelurahan yang terendam banjir akibat meluapnya sungai Kendal ini. Enam kelurahan tersebut yakni, Kelurahan, Kebondalem, Langenharjo, Ngilir, Balok, Patukangan dan Pekauman.

“Keenam kelurahan ini, berada di Kecamatan Kota Kendal, yang merupakan daerah langganan banjir mas,”ujar Munasir.

Sementara, halaman Pemerintah Kabupaten Kendal, yang biasanya menjadi langganan banjir setiap sungai Kendal meluap, untuk hari ini tidak banjir. Dimungkinkan tidak banjirnya ini, karena beberapa bulan lalu, sudah dilakukan peninggian jalan.(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan