Tiga Hari jelang Lebaran Jembatan Kalikuto Terancam Tidak Bisa Dilewati

0
768 views
Jembatan Kalikuto
Jembatan Kalikuto
Jembatan Kalikuto
Jembatan Kalikuto

Gringsing, Investigasinews.net-Jembatan Kalikuto yang diprediksi tiga hari menjelang Ramadhan akan rampung pengerjaanya dan bisa dilintasi kendaraan, diperkirakan akan molor. Pasalnya, cros girder atau penyangga plat jembatan belum seluruhnya terepasang. Padahal, untuk merampungkan pemasangan cros girder tersebut, butuh waktu hingga satu minggu.

Direktur teknik Waskita, Muhammad, mengatakan, cros girder atau penyangga plat jembatan yang akan dipasang di jembatan Kalikuto perlajurnya sebanyak 35 biji. Sedangkan untuk pemasangan di kanan kiri jembatan tersebut sebanyak 70 biji. Sementara, hingga hari ini, Senin (11/06) atau empat hari menjelang lebaran, cros girder baru terpasang hanya sekitar 14 biji saja.

“Hingga hari ini, kami masih memasang temporary cable agar cros girder yang sudah naik itu tidak labil,”kata Direktur waskita, Muhammad, Senin(11/06).

Pihaknya mengakui bahwa selama pemasangan cros girder ini mengalami goyangan sehingga belum bisa dipastikan posisinya secara permanen.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut Muhammad, pihaknya akan memasang permanen glosory dan temporary hangar agar goyangan tersebut bisa stabil. Baru setelah itu, pihaknya akan menentukan koordinat dan elevasi agar bisa stabil dan permanen.

Meski demikian, Muhammad belum bisa memastikan apakah hal ini bisa berjalan dengan baik, apalagi jika dua atau tiga hari kedepan harus rampung. Pihaknya mengaku, dipastikan jembatan tol Kalikuto yang merupakan perbatasan antara Weleri Kendal dengan Gringsing Batang ini akan molor paling lama satu minggu kedepan.

(Andrew. S)

Tinggalkan Balasan