Wakil Bupati: Kita Syukuri Kabupaten Kendal dapat Penghargaan WTP 2 Kali

0
228 views


Kendal, Investigasinews.Net- Kabupaten Kendal telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) dari BPK-RI dua kali atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah(LKPD) Kabupaten Kendal untuk pemeriksaan tahun 2016 dan tahun 2017.

Opini BPK tersebut merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan Keuangan yang didasarkan pada kriteria, kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah(SAT), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan Perundang- undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern(SPI).

“Kita syukuri mendapat penghargaan WTP untuk yang kedua kali ini. Dan kami akan mengupayakan peningkatan kualitas LKPD Pemerintah Kabupaten Kendal di Tahun 2018 ini,” Kata Wakil Bupati Kendal, Masrur Maskur, saat jumpa pers dengan sejumlah awak media di Taman Hutan Klorofil Jalan Sebatang Kebondalem(05/11).

Menurut Masrur Maskur, untuk mempertahankan opini WTP ini, perlu membangun komitmen pengelolaan keuangan daerah yang profesional dari seluruh pimpinanSKPD dengan menerapkan asas umum pengelolaan keuangan daerah.
Tak hanya itu saja, pembinaan secara berkesinambungan dari Bakeuda selaku PPKD kepada SKPD, pengembangan kapasitas SDM pengelola keuangan daerah yang berkesinambungan melalui pendidikan dan pelatihan juga dibutuhkan.

“Dukungan audit internal oleh Inspektorat dalam pengelolaan keuangan daerah, peningkatan kajian aspek legalitas dalam seluruh proses pengelolaan keuangan, semua saling mendukung untuk mempertahankan WTP,”ujar Masrur Maskur.

PLT Kepala Bakeuda Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari, mengatakan, dirinya komitmen akan meningkatkan OPD untuk melibatkan pemeriksaan di tingkat internal dan akan meningkatkan upaya- upaya pengelolaan keuangan dan inventarisasi aset.

“Mudah- mudahan, kinerja OPD ini akan kami tingkatkan terus untuk tahun- tahun mendatang,”kata Agus Dwi Lestari.(Andrew.S)

Tinggalkan Balasan